Home » » Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)

Posted by Cerito PALI (Informasi Berita di Kabupaten PALI) on Friday, April 24, 2015


Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera SelatanIndonesia. Penukal Abab Lematang Ilir merupakan DOB (daerah otonomi baru) hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim yang disahkan tanggal 11 januari 2013 melalui UU no 7 tahun 2013
Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dibagi menjadi 5 kecamatan, antara lain:


Abab

Abab adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia.
Dulunya, Kecamatan ini bagian dari kecamatan Talang Ubi. Kemudian membentuk kecamatan tersendiri menjadi Kecamatan Penukal Abab. Kecamatan Penukal Abab ini sendiri dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Penukal Abab yang beribu kota di desa Babat dan Kecamatan Penukal Utara yang beribu kota di Desa Prabumenang. Tak lama kemudian kecamatan Penukal Abab ini dimekarkan menjadi dua kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Penukal yang beribu kota di Desa Babat dan satunya lagi Kecamatan Abab yang beribu kota di Desa Betung.

Penukal
Penukal adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia.
Dulunya, Kecamatan ini bagian dari kecamatan Talang Ubi. Kemudian membentuk kecamatan tersendiri menjadi Kecamatan Penukal Abab. Kecamatan Penukal Abab ini sendiri dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Penukal Abab yang beribu kota di desa Babat dan Kecamatan Penukal Utara yang beribu kota di Desa Prabumenang. Tak lama kemudian kecamatan Penukal Abab ini dimekarkan menjadi dua kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Penukal yang beribu kota di Desa Babat dan satunya lagi Kecamatan Abab yang beribu kota di Desa Betung.

Penukal Utara
Penukal Utara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang IlirSumatera SelatanIndonesia.

Talang Ubi
Talang Ubi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia.
Talang Ubi dikenal juga dengan tambang emas hitamnya. Sebelum Talang Ubi dulunya kecamatan berada di daerah Talang Akar, di Kecamatan Talang Ubi terdapat beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang pertambangan, perhutanan, dan perkebuna. Untuk pertambangan ada beberapa contoh seperti minyak bumi, dan batubara.

Tanah Abang
Tanah Abang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Talang Ubi.
Di kecamatan ini terdapat Candi Bumi Ayu. Candi ini terdiri dari 10 buah bangunan yang tesebar di desa Bumi Ayu yang merupakan objek wisata yang akan dikembangkan oleh Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.
Kecamatan Tanah Abang memeiliki beberapa desa, yaitu:
  1. Tanah Abang Jaya
  2. Tanah Abang Selatan
  3. Tanah Abang Utara
  4. Muara Dua
  5. Bumiayu
  6. Muara Sungai
  7. Raja Barat
  8. Raja
  9. Harapan Jaya
  10. Lunas Jaya
  11. Curup
  12. Sukaraja
  13. Sedupi
  14. Tanjung Dalam
  15. Pandan
  16. Modong
  17. Suka Manis

Thanks for reading & sharing Cerito PALI (Informasi Berita di Kabupaten PALI)

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

0 komentar:

Post a Comment